Selasa, 05 Januari 2016

Wisata Air Terjun Tegan Kiri, Bungo

Bungo adalah salahsatu Kabupaten di Provinsi Jambi, memiliki luas sekitar 7,160 km². Salahsatu objek wisata yang cukup menarik di Kabupaten Bungo adalah Air Terjun Tegan Kiri, Air terjun ini memang masih kurang akrab di telinga anda mungkin. Air Terjun Tegan kiri masih terlihat sepi pengunjung. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk sampai ke sini. Air Terjun Tegan Kiri adalah salahsatu Objek Wisata andalan Kabupaten Bungo meskipun pengelolaannya masih perlu pengembangan. Masih ada objek wisata lainnya di Kabupaten Bungo yaitu Air Terjun Punjung Empat, Bunga Bangkai dan Gua Alam.
Wisata Kabupaten Bungo
Air terjun Tegan Kiri ini memiliki ceritanya sendiri selain keindahan alamnya. Cerita yang beredar dari masyarakat setempat mengatakan di sekitaran Air Terjun Tegan Kiri itu acapkali terdengar suara tangis dari seorang gadis. Tangis itu terndengar di saat turun hujan disertai panas. Kendati mereka atau masyarakat itu sering mendengar suara gadis menangis, tetapi tidak pernah diganggu oleh apapun termasuk dari sumber suara tersebut.
Kenapa terdengar suara tangis? Masyarakat setempat mengatakan dulunya di lokasi air terjun tersebut pernah tumbuh bunga bangkai. Nah, ada dua orang anak gadis meninggal saat memegang bunga bangkai, oleh karena itu makanya setelah kejadian itu di sekitaran air terjun sering terdengar suara gadis menanggis.
Air Terjun Tegan Kiri ini kali pertama ditemukan oleh Orang Kubu (SAD) Mereka lantas memberitahukannya ke penduduk dusun. Keturunan dari mereka yang menemukan air terjun itu lah yang kini menjaganya. Mereka terdiri dua keluarga, yakni penjaga pintu masuk dan penjaga parkir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar